Perbandingan AMD vs Intel Chipmaker

25 Perbandingan AMD vs Intel ChipmakerPerbandingan AMD vs Intel, AMD vs Intel bukan hanya pilihan yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih suku cadang untuk PC Anda, itu juga salah satu persaingan terbesar di dunia teknologi, dengan kedua perusahaan menawarkan CPU game terbaik di pasar.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika datang ke komputer, terlepas dari apakah itu game atau workstation, ini adalah satu-satunya dua merek dalam bisnis prosesor.

Anda akan berpikir bahwa memilih CPU untuk sistem Anda menjadi mudah mengingat hanya ada dua perusahaan yang terlibat, tetapi AMD dan Intel memiliki banyak pilihan prosesor yang dapat memenuhi kebutuhan build Anda. Karena ini benar-benar merupakan pertarungan Intel Vs AMD, penting untuk mengetahui di mana letak kekuatan masing-masing pabrikan. Baca juga: Cara Membuat Komputer Terbaik

Perbandingan AMD vs Intel

Memilih prosesor atau kartu grafis terbaik tidak pernah sesulit ini berkat perjuangan dominasi Intel vs AMD ini. Ketika salah satu merilis komponen terbaik, yang lain berhasil menyamai atau mengalahkan yang pertama.

Untungnya, setiap merek hadir dengan daftar kekurangan dan kelebihannya sendiri dalam hal harga, kemampuan overclocking, grafik, dan variasi komponen. Terlepas dari apa yang Anda pilih, akan ada bagian berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biarkan kami membantu Anda memahami semuanya. Rekan-rekan generasi ke-10).

AMD vs Intel: harga

Di masa lalu, jika Anda mencari CPU yang layak dengan harga yang terjangkau, pilihan utama Anda adalah AMD. Ryzen 9 3950X membanggakan 16 core dan 32 thread, melebihi flagship sebelumnya, Ryzen 9 3900X.

Di ujung yang jauh lebih murah, AMD baru saja meluncurkan AMD Ryzen 3 3300X dan AMD Ryzen 3 3100, ini adalah juara anggaran baru. Ini berharga $ 120 (sekitar £ 100, AU $ 190) dan $ 99 (sekitar £ 79, AU $ 150) masing-masing sambil memberikan kekuatan yang benar-benar mengesankan. Membuktikan sekali lagi bahwa AMD adalah raja dalam hal keterjangkauan dan kinerja multi-utas.

prosesor Coffee Lake Refresh

Ketika berbicara tentang Intel, prosesor Coffee Lake Refresh mungkin yang paling dikenal oleh kebanyakan orang. Prosesor Coffee Lake Refresh generasi terbaru dari Intel mencakup i9-9900K yang dijual seharga sekitar $550 (£420, AU$830) dan memberi Anda 8 core untuk digunakan serta grafis terintegrasi asli.

Namun, prosesor desktop Comet Lake-S baru baru saja diluncurkan dan sedang dalam perjalanan, dipimpin oleh Core i9-10900K. Dengan harga $488 (sekitar £395/A$765), chip berspesifikasi tinggi ini menawarkan 10 core, 20 thread, dan peningkatan 5.3GHz. Chip penting lainnya di lini baru ini adalah Core i7-10700K.

Chip ini mulai dari $281 (sekitar £215, AU$405) dan biaya hingga $443 (sekitar £340, AU$635). Rekan-rekan laptop gaming mereka, prosesor Comet Lake-H, juga telah keluar, dengan Core i9-10980HK memimpin biaya pada $583 (sekitar £470, AU$910).

Jika Anda berada di pasar untuk CPU yang benar-benar canggih dan memiliki kantong yang sangat dalam. Threadripper 3990X dijual seharga $3.900 (£3.030, AU$5.890), membuatnya jauh dari jangkauan pembuat PC biasa dan gamer PC rata-rata. CPU ini dibuat dengan 64 core dan 128 thread untuk memberi Anda banyak kekuatan untuk merender model 3D dan menelusuri model matematika yang rumit untuk mendapatkan hasil maksimal dari hari kerja Anda.

Perbandingan AMD vs Intel: kinerja

Jadi, Anda telah menetapkan sendiri anggaran untuk CPU baru, tetapi Anda masih memiliki banyak pilihan dalam hal kinerja. Secara keseluruhan, Prosesor AMD dan Intel berada pada kondisi yang cukup baik dalam hal kinerja secara keseluruhan.

Jika Anda ingin membeli prosesor AMD, ketahuilah bahwa sangat sedikit CPU yang tersedia yang memiliki fitur grafis terintegrasi. Mereka yang melakukannya di sebut sebagai Unit Pemrosesan Dipercepat. AMD Athlon 240GE dengan anggaran sangat rendah di jual sekitar $80 (£62, AU$120) dan menampilkan grafis terintegrasi Radeon Vega 3. Ini membuatnya sempurna untuk game kelas rendah hingga menengah serta streaming video untuk rendering grafis berkualitas tinggi dengan harga murah.

Sekarang AMD telah meluncurkan jagoan game anggarannya. Ryzen 3 3300X, misalnya, memberikan kinerja yang hingga saat ini hanya tersedia pada perangkat keras kelas menengah atau kelas atas.

Prosesor Multitasking

Untuk pekerjaan sehari-hari dan multitasking, AMD Ryzen juga merupakan pilihan yang aman. Karena mereka menawarkan jalur PCIe paling banyak sehingga Anda dapat menggunakan lebih banyak solid-state drive untuk pengaktifan komputer super cepat dan pengambilan file. Ingatlah bahwa prosesor AMD cenderung berjalan lebih panas daripada rekan-rekan Intel mereka. Jadi Anda harus mempertimbangkan kipas tambahan atau sistem pendingin cair untuk CPU baru Anda.

Pengenalan Tiger Lake pada akhir tahun 2020 dapat melihat kemampuan rendering grafis yang lebih terintegrasi untuk pengalaman streaming atau bermain game yang lebih baik langsung dari kotak. Intel juga telah GPU Intel Xe khusus mereka sendiri pada tahun 2020.

AMD vs Intel: spesifikasi

Seperti di sebutkan sebelumnya, Ryzen 9 3950X memiliki 16 core dan 32 thread. Layar yang parah. Seluruh seri Ryzen 3000 semuanya cukup seimbang dalam hal kecepatan bingkai dan kemampuan multitasking, jadi semuanya tergantung pada berapa banyak inti dan utas yang Anda perlukan.

Ryzen 9 3950X memiliki dukungan memori saluran ganda dan cache 64MB. i9-9900K memiliki kecepatan dasar 3.6GHz dan jam Turbo 5GHz.  Dengan grafis terintegrasi Intel, Anda akan mendapatkan video full HD dan 4K serta dukungan grafis langsung dari kotak.

AMD vs Intel: spekulasi masa depan

AMD telah sukses besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir dengan jajaran CPU Ryzen dan Threadripper mereka. Dengan dua kali jumlah inti dan utas dibandingkan rekan-rekan mereka, mereka telah memberi Intel sesuatu yang perlu dikhawatirkan dan membuktikan nilainya sebagai pilihan yang andal untuk komponen PC.

Intel, di sisi lain, telah melihat beberapa kegagalan yang memalukan seperti rilis Cannon Lake yang tidak bersemangat. Namun, mereka tampaknya telah menerima pukulan mereka dan belajar beberapa pelajaran untuk diterapkan pada rilis mendatang.

Intel telah mengumumkan rencana untuk rilis mendatang dari jajaran prosesor Tiger Lake dan Comet Lake-S masing-masing untuk laptop dan desktop. Garis CPU baru kemungkinan besar akan mencoba untuk tetap mengikuti produk Ryzen dan Threadripper AMD.

Namun, sepertinya Intel tidak akan dapat mengalahkan AMD dalam waktu dekat, karena bahkan CFO Intel George Davis telah mengakui bahwa Team Blue tidak akan mencapai paritas dengan proses manufaktur 7nm AMD hingga tahun 2021.

Generasi mendatang dari prosesor AMD Ryzen kemungkinan besar akan terus memberi Anda lebih banyak core dan thread untuk multitasking yang lebih cepat dan efisien. Kapan pun prosesor AMD Ryzen 4000 untuk desktop mulai dipasarkan – yang seharusnya terjadi tahun ini – peralihan ke proses manufaktur 7nm+ yang lebih efisien akan melihat peningkatan lebih lanjut pada kinerja IPC (instruksi per jam) bersama dengan efisiensi daya. Masa depan Threadripper tampaknya tetap di jalurnya untuk menawarkan opsi CPU yang kuat kepada para profesional industri untuk pemodelan 3D dan animasi atau pekerjaan ilmu data.