Tentang Kami

Upgrade PC meningkatkan kinerja Pilihan Anda berkisar dari menginstal lebih banyak RAM ke Bangunan Kustom Kasing yang dirancang untuk sistem pendingin cair DIY. Upgrade mana yang paling tergantung pada PC Anda. Spesifikasi apa yang dimilik sekarang? Apakah Anda bermain game, mengedit video 4k, atau hanya menjelajah web?

Berikut adalah lima upgrade PC umum dan sistem mana yang akan melihat peningkatan paling banyak dari mereka. Kami juga menandai seberapa keras kami berpikir berbagai upgrade ini. Sebagian besar mudah dilakukan, meskipun beberapa mungkin mengambil sedikit lebih banyak pemikiran dan perencanaan daripada yang lain.

Upgrade PC meningkatkan kinerja

Tambahkan drive solid-state

Ini adalah upgrade dasar klasik yang membuat perbedaan dramatis – terutama untuk sistem penuaan. Jika komputer laptop atau desktop Anda kehabisan hard drive, lalu ambil SSD 2,5 inci akan membuat perbedaan besar. PC Anda akan merasa lebih responsif, dan waktu boot dapat mempersingkat secara dramatis. Mengingat status penyimpanan flash saat ini, Anda mungkin lebih baik dengan drive sel triple-level (TLC) daripada sel quad-level (QLC).

Jika Anda sudah mengguncang SSD berbasis SATA 2,5 inci, langkah selanjutnya akan meningkatkan ke drive NVME M.2. Ini juga akan meningkatkan daya tanggap umum dan waktu boot, tetapi tidak secara dramatis dengan hard drive.

M.2 drive datang dengan satu peringatan: PC Anda membutuhkan slot PCIe M.2 khusus. Periksa motherboard atau manual perangkat Anda untuk melihat apakah sistem Anda mendukung drive ini.

Lebih banyak ram.

Haruskah Anda menambahkan lebih banyak RAM ke pengaturan Anda, atau apakah akan menjadi latihan yang tidak berguna? Itu sangat tergantung pada apa yang Anda lakukan. Gamer akan sering paling bahagia dengan setidaknya 16 GB, terutama ketika bermain video game AAA modern.

Lalu ada tugas yang kaya media. Jika Anda masuk ke pengeditan video serius sebagai hobi, RAM 32 GB mungkin ideal.

Intinya adalah ada jumlah RAM yang optimal, sistem Anda perlu melakukan tugasnya. Jika Anda menambahkan lebih banyak RAM di luar itu, Anda tidak akan melihat banyak perbaikan, jika ada.

Jika tidak cukup, maka coba dua kali lipat dan lihat bagaimana hasilnya. Pertimbangkan juga batasan motherboard dan CPU Anda. Mereka hanya dapat menangani sejumlah RAM – meskipun biasanya sedikit.

Tukar kartu grafis Anda

Jika Anda memiliki jumlah RAM yang tepat di sistem Anda dan permainan Anda kehabisan SSD, langkah selanjutnya untuk meningkatkan kinerja adalah untuk meningkatkan kartu grafis. Sebelum Anda menukar GPU Anda, tanyakan pada diri Anda apa resolusi monitor Anda. Jika Anda mendapatkan kartu grafis yang luar biasa untuk bermain game 4K tetapi Anda hanya bermain pada 1080p, maka Anda bisa melakukannya dengan kartu grafis yang jauh lebih murah.

Namun, Anda bisa menjadi sangat jauh dengan CPU yang lebih tua dikombinasikan dengan kartu grafis yang lebih baru.

Setelah Anda mendapatkan kartu baru, batalkan kait slot, lepaskan kabel daya kartu lama dan keluarkan, geser ke yang baru, dan sambungkan kembali daya, jika kartu Anda membutuhkannya. Maka Anda hanya perlu menginstal driver baru kartu dan Anda pergi ke balapan. Untuk tampilan yang lebih rinci pada proses pemutakhiran, lihat tutorial kami tentang cara memutakhirkan dan memasang kartu grafis baru di PC Anda.

Tingkatkan CPU Anda

Upgrade CPU Anda tidak sulit, tetapi lebih sulit daripada memasukkan beberapa modul RAM baru atau mengubah kartu grafis Anda.  Soket CPU motherboard harus kompatibel dengan prosesor yang Anda inginkan – soket adalah ruang di mana CPU cocok dengan motherboard.

Waspadalah, bagaimanapun, bahwa pembuat CPU (terutama Intel) dapat memiliki versi yang berbeda dari jenis soket yang sama. Soket LGA 1151 yang kompatibel dengan Skylake, misalnya, tidak kompatibel dengan soket LGA 1151 yang digunakan oleh prosesor kopi danau.

Secara umum, lebih baik meningkatkan motherboard dan CPU Anda secara bersamaan. Namun, kadang-kadang, masuk akal untuk hanya meningkatkan prosesor. Misalnya, Anda dapat menangkap penjualan CPU yang sangat baik.

Jika Anda tidak memutakhirkan motherboard Anda saat mengubah CPU, sering ada beberapa trade-off – terutama jika prosesor yang lebih baru memiliki fitur yang lebih canggih. Siapa pun dengan motherboard AMD X470, misalnya, dapat menggunakan Ryzen 3000 CPU.

Pada dasarnya, bagaimanapun, yang Anda lakukan hanyalah menghapus CPU lama, letakkan dengan lembut pada yang baru, dan amankan. Maka itu hanya masalah melampirkan kipas pendingin CPU atau solusi pendingin cair Anda.

Tambahkan pendingin cair all-in-one

Penggemar pendingin udara standar sangat bagus, tetapi tidak ada sistem pendingin cair ketika Anda ingin serius tentang overclocking-atau PC Anda umumnya terlalu panas sepanjang waktu. Cooler all-in-one (aio) adalah langkah pertama yang baik. Ini adalah perangkat pra-buatan yang mengalirkan cairan dari radiator ke blok di atas CPU Anda. Menginstal pendingin AIO ke PC yang ada mengharuskan Anda untuk menghapus kipas pendingin saat ini dan kemudian menyingkirkan senyawa termal yang ada pada CPU. Selanjutnya, instal radiator ke dalam kasing Anda dan letakkan blok pendingin di atas senyawa CPU-Thermal biasanya diterapkan sebelumnya ke blok. Cocok beberapa kabel ke motherboard Anda atau catu daya dan Anda baik untuk pergi.

Pastikan kasus Anda dapat menahan AIO Cooler Anda. Ini semua didasarkan pada ukuran kipas radiator. AIO 120 mm memiliki satu kipas 120 mm; 140 mm memiliki satu kipas 140 mm; 240 mm memiliki dua penggemar 120 mm; dan 280mm memiliki dua penggemar 140 mm.

Apakah pendingin cair tepat untuk PC Anda tergantung pada seberapa panas mesin Anda cenderung mendapatkannya. Jika Anda dapat dijual AIO, ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk betapa bagusnya sistem pendingin cair terlihat – terutama jika itu mengemas sedikit RGB Razzle-Dazzle.

Anda dapat melakukan banyak peningkatan PC lainnya, tetapi itu adalah beberapa yang paling umum yang tidak memerlukan banyak hal dalam keahlian untuk melakukannya dengan baik.